RSS Feed
Sang Pemimpi
image

CAHYO TRI PANUNTUN

085290622231, 02913341341


Menjadikan Desa Batealit sebagai Agro Village..
Artikel Terbaru
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

SLINK

Jamur Lingzhi/Reishi, Obat Panjang Umur

image

 

Jamur Lingzhi/Reishi, Obat Panjang Umur

 

Jamur merupakan tumbuhan tingkat rendah, bahkan dalam sistem Lima Kingdom makhluk hidup, jamur tidak masuk sebagai jenis tumbuhan, karena tidak memiliki batang dan daun sebagaimana tumbuhan. Jamur digolongkan dalam Kingdom tersendiri yaitu Fungi.

Peradaban manusia telah mengenal jamur sebagai jenis makanan dan obat-obatan. Untuk makanan ada beberapa spesies yang telah banyak dikonsumsi seperti jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake dan jamur merang. Sedangkan Jamur Lingzhi dikenal sebagai obat yang sangat berkhasiat.

Jamur Lingzhi dalam sistem Tatanama Binomial Numenclature ciptaan Carollaus Linnaeus, adalah sebagai berikut:

Kerajaan: Fungi

Filum: Basidiomycota

Kelas: Agaricomycetes

Ordo Polyporales

Family Ganodermataceae

Genus Ganoderma

Spesies Ganoderma lucidum

Menurut sejarah Cina , ling zhi ditemukan oleh seorang petani bernama Seng Nong. Dalam buku Pengobatan Herbal Tiongkok yang ditulis tahun 56 SM, jamur kayu ini tercantum sebagai bahan obat nomor satu dari 365 bahan obat lainnya –termasuk ginseng. Pada zaman Dinasti Shu, sekitar 2400 tahun lalu, ling zhi hanya dikonsumsi untuk pengobatan para maharaja dan bangsawan di negeri Cina. Pada masa itu, ling zhi masih langka. Lingzhi masuk dalam kategori “superior” karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mampu menjaga dan mengembalikan keseimbangan tubuh, dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa efek samping.

Lingzhi dapat tumbuh pada pohon-pohon yang tua dan lapuk, atau pohon yang telah mati. Berbentuk seperti payung tidak sempurna, bertangkai relatif pendek dibandingkan dengan tubuh buah (payung)-nya yang berdiameter hingga 30 cm. Bentuk payungnya setengah lingkaran mirip ginjal, dengan ketebalan bervariasi antara 2-5 cm.

Kandungan utama lingzhi adalah protein, polisakarida (ganodelan A, ganodelan B, dan beberapa jenis glukans), triterpenoid (asam ganodermik, ganodermadiol, dan 110 macam lainnya) yang strukturnya mirip hormon steroid, juga germanium, ergosterol, coumarin, mannitol, alkaloid, asam lemak tak jenuh, adenosin, dan berbagai vitamin (B, C, D) serta mineral (natrium, kalsium, seng, besi, fosfor).

Kandungan Nutrisi Ling Zhi

Nutrisi

Jumlah(%)

Karbohidrat

43

Protein

26.4

Lemak

4.5

Abu

19.0

Air

6.9

Kandungan Mineral dan Vitamin Ling Zhi

Komponen

Jumlah(mg/100 g bahan)

Fosfor

4,150

Kalium

3,590

Magnesium

1,030

Kalsium

832

Natrium

735

Zat Besi

82,6

Niacin

61,90

Vitamin B2

17,10

Vitamin B1

3,49

Dari berbagai penelitian yang dilakukan di berbagai negara, ling zhi berkhasiat sebagai herbal anti- diabetes , anti- hipertensi , anti- alergi , antioksidan , anti-[inflamasi], anti- hepatitis , analgesik , anti- HIV , serta perlindungan terhadap liver , ginjal , hemoroid atau wasir , anti- tumor , dan sistem imunitas (kekebalan tubuh).

Jamur ini tumbuh sebagaimana jamur yang lain, hanya saja masa panennya lebih lama. Kalau jamur tiram hampir tiap hari panen, jamur lingzhi bisa sebulan sekali baru bisa dinikmati hasilnya. Oleh karena itulah, harga jamur ini jauh lebih mahal dibanding jamur tiram.

Sumber : wikipedia dengan beberapa penambahan

Fri, 4 May 2012 @16:08


43 Komentar
image

Thu, 14 Jan 2010 @23:10

eko

makasih infonya...sangat membantu

image

Fri, 12 Mar 2010 @14:44

Lovren Devter

selamat sore.
saya mau tanya kalau di daerah bogor yang jual benih jamur ling zhi ada dimana ya?
terima kasih

image

Sat, 13 Mar 2010 @21:12

admin

to: lovren

wah saya kurang tau kalo di daerah bogor. tapi di jogja ada. di daerah sleman

image

Tue, 23 Mar 2010 @07:45

tulus marsudi

salm kenal kang cahyo....
mo nanya nh...saya drmh budidaya jamur tiram,kuping,ya....uda lmayan 3th sya berkecimpung di dunia jamur,saya selalu gagl dalm pembuatan baglog jamur lingzhi,,,mohon bantuanya pak boz....
mampir di blog saya ngge,,,,,maklum masih baru.....matur suwun

image

Thu, 1 Apr 2010 @20:54

CAHYO TRI PANUNTUN

to: juragan Tulus
wah dah lama juga ya...saya malah baru beberapa bulan budidaya jamurnya. ada tiram, merang, sm lingzhi. pernah shitake tp blm minat lg.
untuk pembuatan baglog lingzhi sama seperti baglog tiram aja. liat di gambar, itu gambar di rumah saya.
mgk perlu coba lg Gan, jangan putus asa. cb di uthek-uthek lg...
Sukses Gan...

image

Fri, 7 May 2010 @14:47

eny@

good job bro,
success dech.
lanjutkan!!!!!!!
lebih nyummi lagi klo dibagi, wkkkk

image

Wed, 12 May 2010 @11:42

eny@

well done bro,
congrat... smoga tambah banyak jamurnya n eny jd ikut kehujanan jamur hee


admin:
eny, muuph br di approve commentnya.. sibuk critane eheheh
Amin.. trimaksh doanya..
mau dihujani jamur?? tapi yang tumbuh di badan ya..hehe
sukses bu guru..

image

Mon, 23 Aug 2010 @14:36

josy

Assalamu'alaikum.....kang piye britane...
Wah dah jauh tertinggal ki aku....




admin:
Waa'alikumsalam...
Alhamdulillah lancar pak mentri..
sekarang lg menjaring ling zhi, kalo pak mentri bs menggerakkan para petani untuk mencari lingzhi, boleh deh kontak saya untuk pemasarannya..
maturnuwun

image

Mon, 6 Sep 2010 @15:49

asep

mas mau tanya klo jamur lingzhi ukuran baglog 1,5 kg bisa menghasilkan berapa gram yah makasih


admin:
saya kurang pengalaman dengan jamur lingzhi budidaya, karena sy lebih intens di jamur alami..
tapi saya dulu pernah budidaya, setiap panen satu baglog bisa 2ons..
nanti saya coba buka dulu arsip saya..
makasih

image

Thu, 18 Nov 2010 @14:32

Feri Putranto

Mas Cahyo

Saya mau tanya mengenai Jamur Lingzhi, apakah Jamur Lingzhi hanya satu kali panen saja dalam arti setelah panen baglog langsung dibuang atau masih bisa tumbuh jamur lagi untuk periode depan ? baiknya ditanam di DPL berapa dan suhu berapa, apakah kalo daerah bersuhu 30-35 Celcius masih bisa tumbuh ?, bagaimana penyerapan pasar terhadap jamur lingzhi sedangkan jamur lingzhi adalah jamur obat bukan untuk konsumsi sehari-hari ? dimana yang jual jamur lingzhi ?

Terimakasih

Regards,

Feri Putranto




ADMIN:
pak feri, pengalaman saya jamur lingzhi budidaya bisa panen 2kali, kalau diteruskan bisa sampai 3kali tapi ukurannya sudah kurang layak. tiap panen jangka waktu 3-4bulan.
saya kurang paham jika sampai ke teori geografis lokasi. tapi yang penting menurut saya adalah pengaturan iklim mikro, bisa di suhu 30-35 asal bisa membuat suhu lingkungan penanaman jamur lebih rendah, insya Alloh bisa tumbuh bagus. pangsa pasarnya luas, asal MAMPU MENEMUKANNYA :-)
sukses

image

Thu, 16 Dec 2010 @13:03

tj_mushroom

kang,alamat yg jual bibit f3 lingzhi di sleman - jogja sebeleh mana ya?
boleh minta alamat nya?saya lg tertarik pngen nyoba buat baglog lingzhi.
suwun..

image

Wed, 22 Dec 2010 @12:07

RIZKI

Saya juga jual jamur lingzhi kering pak di malang. Kalau tertarik bisa hub 085649977103

image

Wed, 23 Mar 2011 @11:11

jamur tiram

mantaf Gan....

http://bibitjamurtiram.wordpress.com/

image

Mon, 25 Apr 2011 @15:45

henri

gan, nyuwun tangklek, kalo harga jamur lingzhi utuh kering berapa gan per kilo, menawi badhe tumbas kaleh panjenengan saget gan?
matur sembah nuwun gan


admin:
saya punya stock banyak jamur lingzhi yang alami.
kalau berminat bisa kontak lewat HP.
matur nuwun sanget pak henri..

image

Mon, 6 Jun 2011 @12:12

trisnandar

lam kenal mas cahyo, saya dari bandung barat sangat perlu sekali,teh ling zhi untuk pengobatan sakit ibu saya, minta tolong informasinya mas kalo ready stock,berapa banyak bisa saya dapat & brapa harganya?
Trim's bantuannya!

admin:
saya ga sedia teh lingzhi pak..
saya punya lingzhi alami, masih utuh bentuk jamur. kalau butuh, saya masih ready stock banyak sekali.. bisa kontak lewat HP

image

Fri, 22 Jul 2011 @08:35

yohanes

saya juga menjual lingzhi slide saya berlokasi di jogja

image

Sat, 10 Sep 2011 @09:59

afandy

Slam knal mas Cahyo, saya tertarik utk budidaya jamur, dimana bisa ikut pelatihannya?

image

Fri, 7 Oct 2011 @23:52

rio

pak cahyo boleh tanya kalo penjualan baglog dimana saja saya bisa membelinya??
mohon balas melalui email pak
terima kasih

image

Tue, 1 Nov 2011 @20:36

Aulia

saya mau beli jamur lingzhi yg utuh supya bisa di rebus, saya harus menghubungi sapa??mhon bntuannya,,,

image

Sat, 5 Nov 2011 @00:14

ADMIN

TO: AULIA

BISA PESAN SM SY, SMS SAJA

image

Thu, 10 Nov 2011 @16:08

Riska

Terimakasih..

image

Thu, 10 Nov 2011 @16:09

Iki

thanks..

image

Sat, 17 Dec 2011 @21:54

suci

assalamu'alaikum
mw tnya om,, yg jual jamur lingzie djkarta da ga y


admin:
waalaikumsalam..
di jakarta insyaAlloh sudah banyak di jual di supermarket dan apotik. coba saja di cari. kalau ga nemu, bisa pesan sm saya, nanti saya kirimkan via paket. Terimakasih

image

Thu, 22 Dec 2011 @12:29

syam alhadi

Assalamu alaikum.

Mas Cahyo sy tinggal di kediri jatim. Mohon bantuan informasi pasar jamur lingzhi.Saya lagi tanam jamur jenis ini. Trima kasih.


_______
admin:
waalaikumsalam pak syam,
coba ditawarkan ke pabrik/pengusaha obat herbal, atau apotik dan supermarket. asalkan harga bisa bersaing (tapi jangan rugi) insya Alloh banyak yang butuh. sukses selalu

image

Sat, 24 Dec 2011 @18:43

widya

kira-kira berapa harganya untuk 9 gram ?
trima kasih :)

______
ADMIN :
maaf saya jualnya takaran terkecil kilogram, tidak jual ukuran gram

image

Fri, 13 Jan 2012 @07:41

ramelan

harga baglog lingzhi brp? n harga jual /kg brp pak.? trims

image

Wed, 25 Jan 2012 @16:48

lidia

berpa harga perkilonya ? untuk jamur diameter 20 up ? trimakasih

______________________________________________________

ADMIN:

Harganya 120rb/kg. pemesanan kuantiti banyak bisa dikurangi harganya.
kualitas terbaik.
berminat hubungi nomer saya

image

Mon, 5 Mar 2012 @09:52

pink

ass .mas....
saya mau tanya,pertumbuhan lingzhi dalam satu baglog bercabang cabang...untuk pemotongan gmna ya caranya?takutnya kalo ga di potong kan ga maksimal mas...mhon pencerahannya...thx
____________________________________________________________

admin:
kalau bercabang dua, saya pikir tidak masalah, masih bisa tumbuh besar jika pertumbuhan awal. begitu pengalaman saya

image

Sat, 21 Apr 2012 @18:10

yanti

ass..
brp ya hrga bibit jamur tiram per baglog
trims...

image

Sat, 16 Jun 2012 @15:51

elang

selamat sore.
mas, kalau di daerah bandung, Jawa Barat, dimakah saya bisa membeli jamur ling zhi yang sudah siap di konsumsi?
terima kasih

____________________
ADMIN
bisa pesan pada kami, nanti kami kirimkan lingzhinya.
kami sediakan jamur lingzhi budi daya dan lingzhi hutan. ada bentuk jamur utuh/glondongan, bentuk rajangan, kapsul, teh dan sirup lingzhi.

image

Sun, 22 Jul 2012 @01:30

revy

terimakasih atas informasinya

saya memerlukan linghzi tersebut
mohon informasi
0813 9720 9504

image

Mon, 10 Sep 2012 @14:49

yuwono

Gan, meh nanya...klo mo jual lingzhi kering dimana ya...?



ADMIN:
ditawarin aja boss, ke apotek, ke tempat pengobatan herbal, tukang jamu, atau bisa via internet.
sukses selalu

image

Wed, 26 Sep 2012 @14:39

moh.shofial

asalamualaikum.
mas mau tanya alamatnya.mau beli baglog lingzhi boleh?.. per baglog berapa? dan minimal order berapa?
CP:08976832337


waalaikumsalam...
boleh pak... harganya 9000.

image

Fri, 28 Sep 2012 @10:44

weg

baik, aku ingin jadi penjual jamur lingzi bagaimana caranya?




ADMIN:
tinggal order saja pak... berapa kg. ada harga spesial buat penjual. bs kontak kami via sms.
terima kasih

image

Tue, 16 Oct 2012 @19:06

agus

Mas, saya mau beli lingzi 1 kg berapa harganya dan bagaimana caranya? lokasi saya di Bogor. Trims



ADMIN:
bisa. sms saja ke 085290622231.. bisa kami layani

image

Wed, 17 Oct 2012 @17:13

papay

Berapa harga 1 kg nya? bisa dikirim ke bogor? trims



ADMIN:
harga fluktuatif pak.
sementara ini harga 180rb/kg
kami bisa kirimkan ke mana saja asal ada alamat yg jelas dan ekspedisi bisa menjangkaunya. trmkasih

image

Thu, 18 Oct 2012 @15:51

pink

sore mas...mau tanya pemasaran lingzhi untuk daerah jatim bisa minta infonya?aq budidaya,tapi kesulitan pemasaran.mohon bimbingannya...
lok sempat bls via email ya mas...

image

Tue, 30 Oct 2012 @09:22

setejo

Bagaimana hasil budidaya lingzhi di jogja khususnya dengan yang dihasilkan dicina kwalitasnya sama/lebih baik/kurang baik mohon datanya kalau ada hasil penelitian terima kasih

image

Fri, 30 Nov 2012 @08:13

elis

maaf mas saya mu tanya kalo bibit jamur sthake dan lingzhi ada jual F1 nya ga/starter.. kalo ada berapa harganya?

image

Tue, 21 May 2013 @21:01

hendra junshin

Salam mas cahyo,Jamur lingzhi yang siap untuk dikonsumsi hanya jamur yang sudah kering saja? nah yg di jual /Kg itu yg kering atau yg masih alami? kalau ke daerah bekasi itu harga per/Kg nya berapa,saya benar2 tertarik karena ibu saya memiliki penyakit diabetes yang harus setiap hari mengkonsumsi...jadi setiap x pemesanan pasti ke mas cahyo...ditunggu jawabannya...atau sms ke nomer saya jg boleh 081905452018

image

Sat, 21 Sep 2013 @17:30

Ubaidillah

Ass,,Mas Cahyo!!! salam kenal, mas saya ingin membeli bibit f1/f2/f3 lingzhi bisa gak mas? n harganya berapa? ditunggu jwbnya???nuon....

image

Wed, 22 Jan 2014 @13:23

arie

Salam kenal mas, saya sudah budidaya tiram di Klaten, sekarang mau coba lingzhie. Mo tanya untuk 1 kali periode tanam lingzhie butuh berapa bulan? Dan untuk 1 periode tanam berapa kali panen ya?
Matur nuwun ya infonya...

image

Wed, 19 Mar 2014 @11:24

linda

salam pak cahyo. stok jamur lingzhi kering masih ad atau ngak?minimal pemesananya berapa kilo n harga perkilonya berapa?


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+6+2