RSS Feed
Sang Pemimpi
image

CAHYO TRI PANUNTUN

085290622231, 02913341341


Menjadikan Desa Batealit sebagai Agro Village..
Artikel Terbaru
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

SLINK

Cacing Tanah, Lumbricus rubellus, Serba Bisa..

image

Cacing Tanah termasuk dalam hewan avertebrata, artinya tidak memiliki tulang belakang (ya jelas lah, mana ada cacing yang punya tulang belakang, kaku dong.. ^_^). Banyak spesies yang ada di muka bumi, dan salah satunya yang kita bahas dan kami sediakan di kampoengtani.com adalah jenis Lumbricus rubellus.

Cacing lumbricus, begitu masyarakat menyebutnya, telah banyak dibudidayakan oleh peternak-peternak Indonesia. Kenapa memilih Lumbricus? Karena Lumbricus memiliki banyak keistimewaan, serba bisa gitu lah. Baik dari pakannya yang serba mau, tempat hidupnya yang serba bisa, pemeliharaannya yang serba mudah dan kegunaannya yang serba bermanfaat.

Pakan Lumbricus

Lumbricus dan semua cacing adalah golongan pengurai atau istilah kerennya Detrivor, jadi dia bisa mengurai segala jenis bahan-bahan organik. Jadi tidak perlu repot dengan yang mahal dan sulit mendapatkannya, cukup dengan sampah organik yang ada di sekitar kita, bisa untuk pakan si Lumbri (panggilan keren dari istri saya untuk lumbricus). Daun-daunan, sisa sayuran, sampah dapur, kertas, buah-buahan yang ga kemakan, kulit pisang, kotoran ternak ruminansia dan monogastrik, dan semua yang kita tidak makan, bisa kita kasihkan ke si lumbri. Tentu saja semua harus dalam kondisi basah/lembab. Jadi harus dipikirkan cara supaya sampah-sampah tersebut tetep lembab, dan amatilah cacing akan suka sekali memakannya. Sebagian besar peternak memberi makan dengan ampas tahu, itu bisa juga dan bagus, tapi ingat ampas tahu itu sudah jadi makanan favorit juga untuk kambing, sapi dan kuda, sehingga dipastikan akan berebut dengan peternak lan, dan berdasar hukum penawaran dan permintaan ilmu ekonomi, jika penawaran rendah dan permintaan tinggi maka harga akan naik. Yah begitulah, sudah jadi hukum kewajaran.. :-p

Tempat Hidup

Tempat hidup atau istilahnya Media pemeliharaan lumbricus juga cukup mudah dan murah. Peternak lumbricus mempunyai kegemaran yang berbeda-beda, ada yang menggunakan kompos kotoran sapi, ada yang onggok aren, sekam, serbuk gergaji (jawa=grajen), kulit pohon pisang, jerami dan lain-lain. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan aplikasinya bisa dicampur atau dipilih salah satu media saja. Intinya asal cacing suka, cocok untuk tidur, makan bereproduksi dan ekskresi, serta kalau bisa media hidupnya juga sebagai sumber makanan itu lebih bagus. Harus lembab tapi tidak becek, suhu rendah, dan pH normal, sedikit asam masih dalam toleransi.

Pemeliharaan

Beternak lumbricus sangatlah mudah, cukup sediakan tempatnya, kasih media di dalamnya, kemudian taruh cacingnya, selesai! Apakah cukup seperti itu? Ya, cukup, tapi itu secara globalnya dan semua peternakan juga sama seperti itu, buat kandangnya, masukin ternaknya, udah tinggal ngasih pakan. Di sini lumbricus punya kelebihan dibanding ternak yang lain, yaitu : tidak berisik. Andaikan lapar, dia ga akan teriak, atau andaikan teriak, ga akan terdengar oleh kita..hehe.

Secara penanganan memang ternak lumbri lebih sederhana. Yang perlu diperhatikan adalah, dua jam pertama setelah lumbri ditempatkan pada media baru, kalau lumbri tidak mau masuk (bahkan keluar dari media) berarti media itu tidak cocok, harus di periksa kenapa tidak cocok, apakah suhunya terlalu tinggi, kurang lembab atau ada penyebab lain. Jika lumbri mau masuk ke dalam media berarti cocok, kalau cocok berarti tinggal melanjutkan perjuangan memeliharanya, cukup jaga kelembaban, suhu dan pemberian pakan yang berkualitas.

Kegunaan

Lumbricus, memiliki peran penting dalam berbagai sektor kehidupan manusia. (kalau tidak berguna untuk manusia buat apa juga dikembangin... :-D ).

Manfaat si lumbri diantaranya:

1. Sektor pertanian. Lumbri menghasilkan kotoran yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Kascing namanya, Bekas Cacing merupakan pupuk organik yang sangat bagus untuk tanaman.

2. Sektor peternakan dan perikanan. banyak ternak yang suka lumbri. burung, ayam, udang, ikan sidat dll. lumbri kaya enzim (protein), sehingga sangat cocok untuk pakan ternak.

3. Sektor kecantikan. Si lumbri dimanfaatkan juga untuk kosmetik, semacam lipstik dan pelembab.

4. Sektor kesehatan. Sudah sejak lama, cacing bisa dimanfaatkan  untuk obat, diantaranya, tipes, demam, pegal linu, rematik, sakit kepala dan lain-lain (bisa dibaca di produk obat dari cacing).

Nah itulah sekilas tentang si lumbri yang serba bisa. Semoga bermanfaat. Mohon masukan, kritikan dan tambahan ilmu dari pembaca sekalian. Bagi yang membutuhkan, kami siap mensuplai. Terima Kasih

 

 

Tue, 25 Oct 2011 @09:07


48 Komentar
image

Tue, 25 Oct 2011 @10:39

hasan

Bagus sekali artikelnya, mudah2an bisa jadi info yg bermanfaat buat temen-temen yg lain..sukses utk kampoeng tani nya.

image

Tue, 25 Oct 2011 @23:37

Admin

hasan
"Bagus sekali artikelnya, mudah2an bisa jadi info yg bermanfaat buat temen-temen yg lain..sukses utk kampoeng tani nya."

Terima kasih pak hasan, saya masih kalah jauh dengan pemilik vermi kompos..hee
Ini artikel sudah saya edit berkali2 tp pas upload gagal terus, sampai cape.
mohon kritikannya

image

Sat, 12 Nov 2011 @21:58

winarto

terima kasih pak artikelnya
mau nanya nih, apakah daun hijau atau sayur bisa untuk pakan si lumbri, apakah harus dijadikan kompos dahulu atau langsung aja dikasih dalam kondisi segar?
mohon jawabannya di winarto_abu_daud@yahoo.com
terima kasih pak

image

Fri, 18 Nov 2011 @23:03

Admin

winarto
terima kasih pak artikelnya
mau nanya nih, apakah daun hijau atau sayur bisa untuk pakan si lumbri, apakah harus dijadikan kompos dahulu atau langsung aja dikasih dalam kondisi segar?
mohon jawabannya di winarto_abu_daud@yahoo.com
terima kasih pak
____________________
setahu saya, cacing adalah pengurai, dia mampu menguraikan segala macam, termasuk sayur dan daunan hijau. yang segar diberikan juga bisa, asal selalu terjaga kelembabannya, kalau kering akan menyulitkan bagi cacing, karena cacing tidak punya gigi ^_^
Tapi lebih bagus lagi, jika sayur atau daunan hijau itu sudah agak busuk atau dikomposkan sebentar (tidak sampai jadi kompos).
Semoga jawabannya bermanfaat

image

Wed, 4 Jan 2012 @12:34

deni

gan!!!! bisa bimbing kita untuk coba budi daya cacing???

image

Mon, 9 Jan 2012 @21:01

ELASTIS CITRA MEDIA

Maaf nanya harga cacingnya berapa ?
mao order 50kg

kirim ke surodadi ya....

image

Tue, 10 Jan 2012 @19:51

admin

sdr deni..
bisa kami bantu se-bisanya

image

Tue, 10 Jan 2012 @19:52

admin

sdr elastis citra media..
kami layani sebanyak-banyaknya. stok tak terbatas..

image

Thu, 12 Jan 2012 @01:39

sidik

mohon bantuan untuk kerjasama dalam pengembangan cacing lumbricus di sumatera barat... kita petani di sumatera barat masih kekurangan modal untuk pengadaan bibit dalam jumlah besar... kira2 ada solusi nggak pak???
tlg di infokan ke 085280689935
trims

image

Thu, 12 Jan 2012 @01:50

sidik

kami petani di sumatera barat meminta bantuan dari bapak untuk kerjasama dalam pembudidayaan cacing lumbricus. kami masih kekurangan modal untuk pengadaan bibit dalam jumlah besar. oleh karena itu kami mohon bantuan bapak untuk memecahkan masalah kami terutama tentang pengadaan bibit. hal ini berkaitan dengan mimpi kami untuk memanjukan petani dan peternak di wilayah sumatera barat.
trims atas bantuannya
ditunggu info secepatnya di 085280689935

image

Fri, 13 Jan 2012 @21:50

ADMIN

sdr sidik..
kami bisa sediakan lumbricus dalam jumlah banyak, tapi maaf kalau masalah permodalan, kami tidak bisa bantu banyak pak...mungkin lebih tepat kalau membicarakan permodalan itu pada bank atau koperasi simpan pinjam. terimakasih

image

Sat, 14 Jan 2012 @14:53

surya

selamat siang pak,saya mau bertanya harga bibit cacing lumbricus berapa?
saya pesan hanya 5 kg bisa tidak untuk ke lampung?
berapa harga dang ongkirnya. terimakasih

image

Mon, 16 Jan 2012 @00:40

ADMIN

sdr. surya di lampung...

ada dua jenis bibit yang kami sediakan, yaitu remaja dan induk.
yg remaja harganya 50.000/kg
sedangkan yang induk harganya 75.000/kg.
untuk pemesanan ke lampung saya belum pernah, dan lewat apa bisa dikirim saya belum tahu. kalau pak surya ada caranya, nanti bisa kami kirimkan. akan tetapi, dengan jumlah pesanan yang hanya 5kg, kemungkinan bapak bisa rugi, karena ongkos kirimnya mungkin lebih mahal daripada pembelian bibit lumbricus

image

Sat, 21 Jan 2012 @17:55

Wiyarti

Maaf pak saya mau tanya,kalau beli langsung kemana? Posisi saya di solo. Untuk pemasarannya gmn?



______________________________________________________________________
ADMIN:
Ibu wiyarti yang kami hormati,
ibu bisa langsung datang ke alamat kami di Jepara Jawa Tengah. Atau bisa kami kirimkan langsung jika pesanan ibu dalam jumlah banyak. Atau bisa juga via paket pengiriman.
Silahkan kontak ke nmr sy sj. Terima kasih

image

Thu, 23 Feb 2012 @15:21

teddy

Saya Teddy di Magetan, Jawa Timur paling barat sendiri.saya minat banget buat ternak cacing lumbricus sp.,klo mo pesan cuma 5kg bisa?trus ongkirnya berapa?gan,klo nanti mo jual hasil panen kemana?tolong balas segera ke email saya aj boss.kolin.tama@yahoo.com

image

Thu, 23 Feb 2012 @16:11

Rois

Mohon maaf sebelumnya,mau nanya,,
Saya adalah peternek cacing lumbri ddaerah kota surakarta,tapi saya bingung memasarkan cacing kami,mohon bantuan solusinya,trimakasih jawabanya,,.

image

Wed, 28 Mar 2012 @18:06

Abd Syakur M.Pd

kami bermaksud melakukan budidaya cacing di sekolah SMP Negeri 2 Rengel dan ini sudah 50 persen persiapan bersama team pandu lingkungan dan abdi lingkungan SMP Negeri 2 Rengel Mohon resep agar dalam budidaya nanti kami berhasil ?

___________________

Admin:

resepnya: ketika beternak menyatulah dengan ternak cacing. pahami tingkah lakunya dengan selalu berinteraksi dan "berkomunikasi". jangan jijik, jangan asal yg penting disiram dan dipakan.
saya malah belum ke arah pengembangan di sekolah kami. inspiratif pak... sukses selalu

image

Sat, 31 Mar 2012 @12:41

indri

mohon info tentang pemasarannya daerah sekitar solo dan jawa tengah. tolong sms ke 087822298098. terima kasih.

_________________________________________

admin:

coba aja di tawarin ke pasar burung, ke perternak burung, ke perikanan dll..

^_^

image

Sat, 5 May 2012 @06:16

samsul

pak kalau mau pesan bibitnya apa bisa??? harga kira2 berapa??

image

Sat, 5 May 2012 @19:47

Renaldo AK

Selamat Malam,

Saya ingin beternak Cacing Lumbricus, berapa jumlah induk cacing per kilo'nya? berapa ongkos kirim ke Batam dengan menggunakan kargo pesawat?

image

Tue, 8 May 2012 @19:21

sarwo nur rohmat

maaf,kalo boleh tahu pemasaranya dmna ?? mohon infonya ,thank !!

___________________

ADMIN:
PEMASARANNYA BISA KE PERIKANAN, PETERNAKAN UNGGAS, PASAR UNGGAS, PERUSAHAAN KOSMETIK, DAN PERUSAHAAN OBAT

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

image

Sat, 12 May 2012 @07:32

joko

mau tanya kascing berapa / kuintal.
alamat dimana. trims
0818 663 192

image

Mon, 21 May 2012 @19:08

vattan cihui

pak saya tinggal di jombang, saya ingin bisnis cacing akan tetapi saya sulit mencari bibitnya, kalo boleh tau dimana saya bisa mendapatkan bibit dari dekat daerah saya?



____________________________

ADMIN:
saya kurang paham kalau di jombang pak. tapi kabarnya di Rembang (agak deket ya?) sudah banyak yang budidaya

image

Tue, 22 May 2012 @15:03

thersia

Wah, Pak artikelnya bagu banget. Artikel ini membuat saya dapat mencari jawaban tugas Biologiku. Trima kasih ya pak.


______________________________

ADMIN:
Oh ya? semoga bermanfaat bagi kita semua ya... sukses buat mba thersia

image

Tue, 22 May 2012 @15:04

Clauditta

Wah, Pak artikelnya bagu banget. Artikel ini membuat saya dapat mencari jawaban tugas Biologiku. Trima kasih ya pak.

image

Sat, 16 Jun 2012 @19:38

juliar nur

Mas, mau beli cacing 30 kg , krim ke makassar...

image

Tue, 19 Jun 2012 @15:07

erick

gan,kita minat sekali tp tetap org awan pasti punya masalah di bayer.apakah bisa sekalian membantu untuk marktnya.
erick :087888877045

image

Thu, 21 Jun 2012 @16:24

Rufa

Kalo medianya dedak kasar dr padi dtmbh tanah bisa g? Kira2 asumsi miara 5kg, perpanen brp dapatnya?n panen brp bulan? Thanks..

image

Sat, 23 Jun 2012 @15:11

jinang

yang membutuhkan bibit cacing lumbri /kasting silahkan hubungi jinang 0813 2281 5219 ,harga bibit unduk 50ribu per kg + ongkir



ADMIN:
monggo-monggo yang berminat... ^_^

image

Sun, 15 Jul 2012 @07:54

huda

pak,. mohon alamat lengkap bapak,. supaya saya bisa berkunjung langsung ke tempat bapak,. lokasi saya di salatiga

image

Thu, 2 Aug 2012 @12:03

feel

mohon infonya ciri2y bagaimana cacing y

image

Sat, 15 Sep 2012 @06:21

rini

ass....jual cacing tanah gk?
tlong bsa kirim ke pandeglang banten gk?
aq pesen 1 kg nei....bwt penelitian penting bgt!!!
bsa blz krg jg kn?


ADMIN:
Jumlah permintaan terlalu sedikit mbak, rugi di ongkos kirim. Terima kasih

image

Sat, 15 Sep 2012 @06:29

rini

ass..mas saya mo beli cacing tanah 1 kg,bsa kn d kirim ke pandeglang banten,tlong konfir saya yach ke no nei : 085311995702,mkasih...

image

Wed, 19 Sep 2012 @01:32

purwanto

Saya di lokasi Sragen Ongkos Kirimnya sekitar berapa ya pak...nuwun

image

Sun, 23 Sep 2012 @12:05

Danang

Mas saya pernah ternak dulu 1999 waktu kuliah. Sekarang pengen ternak lagi gimana ?
Saya perlu mulai dari 1 kg dulu, trus pengennya bukan yang rubelus,
Kalau yang tigris punya nggak ?
Tujuannya buat bikin kascing lebih cepat. Biaya kirim mahal gpp.
Soalnya kalau langsung banyak kasihan kalau banyak yang mati.
Saya di tangerang.

Terima kasih

Danang




ADMIN:
maaf pak, saya tidak punya cacing tiger

image

Tue, 25 Sep 2012 @23:29

Purwanto

Kalau sudah produksi, pupuk kascingnya dipasarkan kemana ? Mohon info pembeli di kawasan Jawa timur.
Terima kasih.

image

Wed, 26 Sep 2012 @13:34

istanto

kalau kirim ke purwodadi berapa biaya kirimnya mas, dan tolong kasih nomor HP yang bisa dihubungi.
tks

image

Thu, 29 Nov 2012 @00:23

aan kurniawan

mo test / coba 1 kg. berapa harga per kg ya plus ongkos kirim. sy di kota bekasi pa...

image

Wed, 19 Dec 2012 @12:11

andi junior

saya tertarik dengan usaha ternak cacing ,tapi saya kesulitan dalam pemasaran ,,bagaimana caranya pak tolong bantuannya,, trimakasih

image

Mon, 28 Jan 2013 @11:38

baidowi

pak admin bisa menampung hasil panennya..???

image

Sun, 24 Feb 2013 @19:44

zahro

cacing itu menjijikan tauuuu....!!!!

image

Sun, 24 Feb 2013 @19:46

zahro

cacing itu menjijikan tauuuu....!!!!

image

Thu, 18 Apr 2013 @01:21

Ipung

Pak saya mohon informasi mengapa cacing lr yang saya budidayakan tidak mau bertelur ? padahal umurnya sudah sekitar 4 bulan dan ukurannya sudah lumayan besar ? mohon jawabannya

image

Mon, 1 Jul 2013 @17:23

Suandi Juhud

Saya butuh panduan beternak Cacing, saya akan padukan dengan pembudidaya ikan lele dan bebek< bagi yang kesulitan memasrin cacing harus bikin keterpaduan ternak dengan yang lain misalnya peternak lele, bebek, ayam kampung dll

image

Sat, 21 Sep 2013 @14:15

Hasan

Yang kesulitan untuk pemasaran cacing silakan hub saya, saya siap beli berapapun jumlah cacing tanpa di batasi, hasan 0816534542 silakan sms saja, mudah2an bermanfaat. Terimakasih

image

Tue, 24 Sep 2013 @06:24

Hasan

Bagi yg kesulitan dgn pemasaran cacing, saya siap bantu utk membeli semua produksi cacing anda. Silakan hub saya hasan 0816534542

image

Fri, 6 Dec 2013 @19:49

fiant

saya fiant dri banyuwangi , mau tanya klo pesan cacing yg remaja 10kg ke banyuwangi, kira2 ongkirnya brpa ya pak ?
makasih sblumnya .

image

Wed, 12 Feb 2014 @10:25

edi

as tng infokan penampung cacing tanah wilayah sumatera.ats infony sy ucapkn trims


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+6+7