Artikel Pertanian

Keunggulan Padi Varietas HMS 700 yang Ada di Luwu 

Luwu — Padi Varietas baru HMS 700 dibudidayakan di Desa Lebani Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu. Panen perdana padi yang baru pertama kali dibudidayakan di Luwu itu dijadwalkan berlangsung pada 13 April 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Albaruddin AP SP, M.Si mengunjungi lokasi pertanaman padi HMS 700 yang berada di Desa Lebani Kecamatan Belopa Utara, Selasa 30 Maret 2021. Kunjungan Kadis Pertanian Luwu Utara tersebut untuk melihat dari dekat pertumbuhan padi jenis HMS 700 yang dibudidayakan kelompok tani Lebani.

Kadis Pertanian didampingi Koordinator Penyuluh Kabupaten Luwu, Abdul Kahar, SP, Pimpinan BPP Belopa Utara Hasdin, SP dan beberapa orang penyuluh pertanian, dimana dilokasi tersebut disambut langsung Jendral (Purn) Muslimin Akib, Kades Lebani Mappeati serta beberapa petani di Desa tersebut.

Albaruddin mengatakan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu sangat mengapresiasi adanya budidaya padi unggul varietas padi HMS 700, karena memiliki keunggulan produktivitas yang mampu mencapai 18 ton per hektar dengan umur 95 hari setelah tanam.

“Keunggulan ini jadi daya tarik sehingga Bapak Jend (Purn) Muslimin Akib mendatangkan benih pokok sebanyak 20 Kg dan ditanam pada lahan sawah seluas 1,2 ha di Desa Lebani Kecamatan Belopa Utara sebagai percontohan, saat ini umur pertanaman 84 hst dan diperkirakan panen 10 hari kedepan,” kata Albaruddin.

Setelah menyaksikan langsung pertumbuhan padi HMS 700 di lapangan dan mendengarkan informasi langsung dari petani mengenai varietas ini, Albaruddin SP, MSi berpesan kepada Pimpinan BPP Belopa Utara dan PPL Desa Lebani agar memantau perkembangannya hingga saat panen, mengambil ubinan dan melaporkan produktivitasnya.

Karena yang ditanam adalah benih pokok sehingga hasil panennya berupa benih sebar yang memungkinkan di tanam oleh petani dalam skala lebih luas, oleh karena itu kami berharap agar saat panen mengikuti standar operasional,” tandas Albaruddin.

Brigadir Jenderal (Purn) TNI Muslimin Akib yang mendatangkan benih pokok HMS 700 mengaku sedang berada di persawahan di Lebani dalam rangka peninjauan untuk persiapan panen perdana, belum bisa memastikan produksi padi HMS 700 yang ditanam di Lebani pada lahan 1,2 ha

“Kita belum tahu karena baru mau panen perdana mudah-mudahan hasilnya banyak sesuai harapan kalau teman-teman di Jawa hasilnya 16 ton per hektar terangnya

Lebih lanjut, Muslimin Akib menjelaskan varietas HMS 700 merupakan singkatan dari Hidup Makmur Sejahtera lalu angka 700 menandakan bahwa bulir padi dalam satu malai sebanyak 700 dan umumnya 400 bulir,” jelasnya.

Previous Post

CommRell PT. Solusi Bangun Indonesia. Pemanfaatan Limbah air bekas budidaya Lele.

Next Post

ZA TAWON HIJAU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Ribuan PDF Panduan Budidaya Secara GRATISS..!

Bantu petani lebih ringan dan mudah dalam proses Budidaya.

Shopping cart
Sign in

No account yet?

Create an Account